Anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, tengah menghebohkan dunia maya sejak Sabtu (27/5). Pasalnya, Kaesang mengunggah video berisi kritikan terhadap anak pejabat dan intoleransi di Indonesia.

Video yang muncul di akun Youtube pribadi Kaesang tersebut berjudul #BapakMintaProyek. Video dibuka dengan aksi Kaesang memparodikan seorang anak pejabat yang meminta proyek kepada sang bapak.

“Kaesang mau minta proyek sama bapak yang di pemerintah. Kaesang udah bosan sama Youtube. Uangnya kecil mulu,” keluh Kaesang.

Keinginan Kaesang tersebut kemudian ditolak sang bapak. Ia mengingatkan Kaesang untuk bekerja keras demi bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Video lalu berubah menjadi monolog Kaesang. Lewat monolog, Kaesang memberikan kritikan pedas terhadap anak pejabat yang memanfaatkan kekuasaan.

“Emangnya masih jaman minta proyek sama orangtua yang di pemerintahan? Dasar ndeso! Malu dong sama gelar yang didapat dari kuliah apalagi kuliahnya di luar negeri…Bukan begini caranya membangun Indonesia yang lebih baik,” terang Kaesang.

Monolog Kaesang berlanjut kepada isu intoleransi di Indonesia. Kaesang merasa prihatin melihat banyak anak-anak yang sudah disuruh mengungkapkan kebencian terhadap orang lain.

“Sangat disayangkan kenapa anak kecil seperti mereka itu sudah diajar untuk menebarkan kebencian. Apaan coba itu. Dasar ndeso! Ajaran siapa itu,” tutur Kaesang.

Kaesang menuturkan jika kedua cara di atas bukan berguna untuk membangun Indonesia. Tetapi, hasilnya malah merusak generasi muda.

“Mereka adalah bibit-bibit penerus bangsa. Jangan sampai kecolongan dan kehilangan generasi terbaik yang kita punya,” lanjut Kaesang.

Terakhir, Kaesang menegaskan bahwa kerjasama adalah kunci pembangunan Indonesia.

“Untuk membangun Indonesia yang lebih baik, kita harus kerjasama…Kita itu Indonesia, hidup dalam perbedaan,” tutup Kaesang.