Ratusan Pendemo 2 Desember dari Ciamis Tiba di Masjid At Tin

Beritamix. –┬áRatusan orang yang berjalan kaki dari Ciamis, Jawa Barat, ke Jakarta untuk ikut serta dalam aksi damai 2 Desember, tiba di Masjid At-Tin, Jakarta Timur. Peserta yang terdiri dari para jemaah pengajian Bandung dan santri pondok pesantren di Ciamis itu tiba sekitar pukul 17.00 WIB menjelang magrib.

Pantauan Liputan6.com, ada 10 bus besar yang terparkir di pelataran Masjid At-Tin. Bus tersebut diketahui berangkat dari Bandung, Jawa Barat, dan akhirnya mengangkut para peserta aksi yang berjalan kaki dari Ciamis menuju Jakarta.

Salah satu staf Masjid At-Tin, Taufik mengatakan, pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari panitia peserta aksi yang datang dari luar Jakarta itu sejak Senin 28 November 2016. Mereka memilih masjid At-Tin sebagai tempat bermalam sebelum kemudian menuju Monumen Nasional atau Monas untuk aksi zikir dan doa bersama.

“Kebetulan ketempatan saja. Untuk panitia yang bawa jemaah menginap di sini sudah pada pulang. Paling sedikit dari kami ya Masjid At-Tin hanya menampung dan menyambut baik niatan ibadah ini,” tutur Taufik di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Kamis (1/12/2016).

“Jumlahnya kita tidak tahu pasti ya. Panitia yang bawa yang tahu kan. Ya kalau satu bus isi 50 orang berarti sekitar 500 sampai 600 orang ya, yang ke sini,” lanjut dia.

Taufik menyebut, semenjak para jemaah peserta demo 2 Desember tiba, ada sejumlah sumbangan dari beberapa ‘Hamba Allah’ yang berkeinginan menyambut baik dan memfasilitasi mereka.

“Makan berat ada disediakan dari panitia mereka. Ini kayak snack dan makanan ringan dari Hamba Allah banyak beberapa kardus. Kita ya ikut partisipasi biar teratur,” jelas dia.

Selain itu, Taufik menyebut, ada pula bantuan dalam bentuk kaos dan alas kaki jenis sandal untuk para jemaah yang mengikuti demo 2 Desember.

“Kita ya hanya memberikan semangat dan doa saja. Kita menyambut baik sebagai tuan rumah. Ini ibadah,” pungkas Taufik.