Organisasi HMI sempat terkena tuding menjadi pemicu kerusuhan demo 4 November 2016, Jumat (4/11/2016) malam lalu.

Pasalnya dalam sejumlah kesempatan ketika massa aksi demo 4 November 2016 sedang menunggu hasil negosiasi antara perwaiklan demosntrasi dengan pemerintah yang saat itu diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Beredar info bahwa dari pihak HMI ada yang sengaja memancing kerusuhan dengan menyerang aparat kepolisian yang berjaga-jaga.

Beredar foto salah satu massa aksi yang menggunakan atribut HMI menyerang polisi. Namun Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir membantah tudingan tersebut. Mulyadi mengungkapkan foto seseorang yang dianggap menjadi pemicu ricuh saat berdemo tersebut bukanlah kader HMI.

Menurutnya dari foto yang beredar ada perbedaan atribut yang seringkali dibawa anggota HMI saat berunjuk rasa dengan orang tersebut.

Dalam foto yang dihimpun, Minggu (6/11/2016), seseorang yang membawa atribut berupa bendera HMI tampak berbeda warna hijaunya. Begitu juga dengan tiang bendera yang kerap dibawa berupa sebilah bambu dibelah yang diikatkan bendera HMI.

Aa Gym dalam satu postingan di media sosial menunjukkan aksi salah satu anggota yang diduga HMI sebagai provokator.

 

Namun baru-baru ini Priya Husada melalui akun Facebooknya menegaskan bahwa orang yang belakangan dianggap HMI bukanlah kader HMI ternyata merupakan salah satu kader aktif HMI.

Tampak dalam postingan foto-foto yang diunggah seseorang yang disebut bernama Ismail aktif dalam berbagai kegiatan HMI.

 

ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november1 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november2 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november3 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november4 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november5 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november6 ismail-ibrahim-disebut-sebagai-nama-provokator-demo-4-november7